Bang Oji Digital Marketing | SEO Agency | SEO Specialist | Jasa SEO Pandeglang | Jasa Optimasi Website | Jasa Pembuatan Website Murah | Untukmu Kami yang Terbaik

Mengenal Sejarah, Aturan, Jenis-jenis dan Dampak Buruk Kontes SEO untuk Kesehatan Blog

4 min read

KONTES SEO
0
()

Mengenal Sejarah, Aturan, Jenis-jenis dan Dampak Buruk Kontes SEO untuk Kesehatan Blog

Kontes SEO – Search engine optimization atau lebih dikenal dengan singkatan dari kata SEO merupakan sebuah proses sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan kunjungan traffic melalui mesin pencarian Google. Tujuan utama dari Search engine optimization adalah untuk menempatkan suatu website agar muncul di urutan pertama mesin pencari dengan menggunakan keyword tertentu.

Logika berpikirnya cukup sederhana, jika website Kamu tampil di urutan paling atas, maka secara otomatis traffic website Kamu juga akan meningkat. Hal ini disebabkan kebiasaan audiens yang cenderung lebih percaya terhadap informasi yang disajikan oleh website yang menempati posisi teratas di daftar pencarian.

Saat mesin pencari Google menerima request dari penggunanya, misalnya dengan kata kunci “Jasa SEO Bisnis Online”, maka mesin pencari tersebut akan melakukan proses membandingkan kata kunci “Jasa SEO Bisnis Online” dengan algoritma tertentu dan dari berbagai website yang telah terindeks oleh Google. Hasil pencarian yang ditampilkan adalah yang paling relevan dari kata kunci “Jasa SEO Bisnis Online

Melalui teknik SEO akan terdeteksi keyword seperti apa yang paling banyak diketik atau dicari orang, sehingga diperoleh kesimpulan mengenai jenis kebutuhan di kalangan pengguna internet. Sekalipun tidak memanfaatkan online advertising, apabila optimalisasi Search Engine Optimization berjalan dengan baik maka website atau situs blog yang kamu kelola akan tetap berada di ranking atas pada mesin pencarian.

Mengenal Kontes SEO

Dikutip dari Wikipedia.com : Kontes SEO merupakan perlombaan optimasi mesin pencari bagi para pemilik website untuk bisa memenangkan sebuah kata kunci tertentu yang telah ditentukan oleh penyelenggara kontes untuk tampil di peringkat halaman pertama paling atas di mesin pencari terutama Google, serta Yahoo dan Bing.

Kata kunci atau keyword yang dilombakan biasanya berupa kalimat yang harus digunakan sebagai judul postingan oleh peserta kontes. Atau paling tidak judul postingan harus mengandung unsur kata kunci kontes SEO yang sedang dikonteskan. Para pemenang akan mendapatkan hadiah bervariasi sesuai dengan tingkat juara yang diraihnya.

Baca Rekomendasi :   Update Info Lomba Blog Mei dan Kontes SEO 2020 Terbaru, Berburu THR Hari Kemenangan

Tujuan diadakannya kontes SEO biasanya untuk mendongkrak peringkat website milik penyelenggara kontes agar menjadi naik authority-nya atau membangun branding terhadap suatu produk yang dipasarkan dan sehingga produk mereka bisa terkenal secara luas di internet.

Sejarah Kontes SEO

Menurut kutipan dari wkipedia Kontes SEO pertama kali diadakan yaitu di Negara Jerman oleh German Webmaster dengan kata kunci “Schnitzelmitkartoffelsalat” diadakan pada 15 November 2002 dalam Bahasa jerman Usenet Group, Dalam Bahasa inggris kompetisi nigritude ultramarine oleh SearchGuild secara garis besar mengklaim sebagai induk dari seluruh kontes SEO, kontes ini dimulai pada 7 Mei 2004 dan dua tahun lalu dimenangkan oleh Anil Dash.

Atutan Kontes SEO

Kontes SEO memiliki aturan-aturan yang dibuat oleh penyelenggara kontes dan waktunya juga ditentukan. Mulai awal hingga akhir berlangsungnya kontes biasanya memakan waktu beberapa bulan. Para peserta biasanya diwajibkan memasang banner atau link aktif beraliran dofollow yang mengarah ke website penyelenggara kontes. Tujuannya adalah untuk mendapatkan backlink yang bisa mendongkrak peringkat website penyelenggara di SERP mesin pencari.

Pihak penyelenggara kontes SEO akan menentukan kata kunci (Keyword) yang akan dikompetisikan. Untuk menyamakan waktu permulaan kontes, penyelenggara akan memilih tema yang kurang terkenal atau beberapa tema yang belum pernah ada dimanapun di Internet, Jikalau memang ada, tema tersebut biasanya memiliki kemunculan yang minimal. Ini untuk memastikan para peserta yang sudah secara aktif menggunakan metode-metode SEO atau optimasi mesin pencari untuk memberikan peringkat tema tersebut akan mendapatkan situs atau blog setiap peserta masuk dalam daftar beberapa hasil pencarian di mesin pencari.

Kriteria kunci untuk menang dalam tipe kontes SEO seperti ini adalah yang memperoleh posisi peringkat tertinggi untuk kata kunci yang telah di tentukan yang dilombakan di mesin pencari yang telah di tentukan. Mesin pencari harus terlebih dahulu ditetapkan sejak awal sebagai persyaratan utama, karena mesin pencari yang berbeda akan meminta metode optimasi mesin pencari yang berbeda pula.

Jenis-Jenis Kontes SEO

Kontes SEO terdiri dari berbagai jenis menurut jumlah hadiah yang diberikan dari penyelenggara kontes SEO dan menurut kemampuan yang dimiliki peserta yang mengikuti kontes SEO tersebut, dibawah ini adalah jenis-jenis dari kontes SEO.

Baca Rekomendasi :   Update Info Lomba Blog September dan Kontes SEO 2020 Terbaru, Hadiahnya Bikin Ngiler Ajib

Kontes SEO menengah bawah dan kecil

Biasanya para peserta yang mengikuti dalam kontes SEO kecil ini umunya orang-orang yang suka tantangan dan tidak terlalu memperhatikan akan besarnya hadiah, penyelenggara kontes adalah berasal dari individu, dan kontes SEO kecil ini biasanya digunakan untuk menunjukkan kemampuan peserta dan bagi peserta kontes ini menjadi lebih terkenal sudah cukup meskipun hadiah dan link kembali yang didapat hanya sedikit.

Kontes SEO menengah atas dan besar

Kontes SEO menengah atas dan besar biasanya diadakan sebagai ajang promosi produk dari penyelenggara, penyelenggara berasal dari perusahaan, lembaga negara, dan organisasi, hal yang dicari oleh para peserta adalah hadiah dari kontes SEO yang sangat besar dan berupa materil, karena itu kontes SEO ini juga biasanya dikuti oleh peserta yang telah memiliki kemampuan yang tinggi, sehingga menimbulkan persaingan yang ketat antara situs para peserta di mesin pencari.

Taktik Peserta Kontes

Beberapa webmaster atau peserta biasanya memiliki dua pilihan dalam menaikan peringkat situs mereka di mesin pencari, cara yang jujur, aman, dan diperbolehkan oleh mesin pencari adalah cara atau metode pengoptimasian dengan trik White Hat SEO, metode ini mengoptimasi situs dengan membuat meta tag description, meta tag keywords, dan sitemap atau dalam Bahasa indonesia dikenal dengan nama peta situs berekstensi XML pada situs mereka, juga mengubah title halaman sesuai kata kunci.

Sedangkan pilihan kedua para webmasters adalah metode Black Hat SEO atau disebut optimasi mesin pencari lewat jalur hitam, cara yang digunakan webmasters yang menggunakan jalur hitam ini adalah, spam, menyembunyikan sebuah kalimat dihalaman situs mereka dengan cara menyamakan warna kalimat dibuat dengan warna situs mereka, menambahkan meta tag keywords secara berlebihan, redirect halaman, memasukan hidden input, link farm, metode ini sangat tidak disukai oleh mesin pencari dan apabila mesin pencari mendeteksi kecurangan ini pada situs terkait maka mesin pencari akan segera memblokir situs terkait, dengan cara menghilangkan situs ini dari setiap hasil pencarian mesin pencari.

Resiko & Dampaknya

Karena situs yang dioptimasi biasanya memiliki PageRank yang tinggi, sering situs ini dijadikan tempat untuk mencari tautan balik ke halaman situs para pelaku spam, dengan tujuan mendapat sebagian PageRank yang dimiliki oleh situs yang memiliki PageRank yang tinggi tersebut, yang dapat berakibat menurunnya PageRank dan mendapat penalti dari mesin pencari.

Baca Rekomendasi :   Update Info Lomba Blog Juni dan Kontes SEO 2020 Terbaru, Hadiahnya Bikin Rekening Gendut

Menurut referensi dari artikel juragancipir.com : Resiko dan dampak dari kontes SEO menuturkan beberapa pendapat, menurut teknisi Seo Spam Google, Kaspar Szymanski, kontes SEO ini bisa membahayakan website milik para peserta kontes yang berpartisipasi, karena melanggar pedoman webmaster google. Google akan mengambil tindakan manual sambil menunggu algoritmanya beraksi terhadap website yang melanggar pedoman mutu webmaster google yang dilakukan oleh para peserta kontes SEO.

Selain berdampak buruk bagi para peserta kontes, kontes SEO juga memberikan dampak negatif terhadap website milik penyelenggara kontes. Karena dengan masuknya inbond link yang berlebihan dan secara tiba-tiba, maka akan dianggap oleh mesin pencari sebagai “Manual Action” dan akan ditandai sebagai LinkSpam.

Akibatnya, peringkat website milik penyelenggara kontes bukannya naik, tetapi malah turun karena akan terkena penalti oleh Seo Spam Google yang selalu aktif menyoroti akitivitas kontes SEO di Indonesia.

Nah demikian penjelasan artikel mengenai kontes SEO yang berjudul Mengenal Sejarah, Aturan, Jenis-jenis dan Dampak Buruk Kontes SEO untuk Kesehatan Blog, semoga bisa memberikan informasi yang bisa memberikan referensi bagi kamu. Jika artikel ini bermanfaat bantu kami untuk mensharenya ke social media yang kamu punya. Thanks.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bang Oji Digital Marketing | SEO Agency | SEO Specialist | Jasa SEO Pandeglang | Jasa Optimasi Website | Jasa Pembuatan Website Murah | Untukmu Kami yang Terbaik

3 Replies to “Mengenal Sejarah, Aturan, Jenis-jenis dan Dampak Buruk Kontes SEO…”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *