Jasa SEO Pandeglang
SHARE :

Pengertian dan Jenis Hosting Website

20
01/2018
Kategori : Domain & Hosting / Featured
Komentar : 1 komentar
Author : Mr Admin


Pengertian dan Jenis Hosting Website

Berbagi pengalaman mengenai Hosting, kesempatan kali ini penulis akan sedikit memberikan informasi Rekomendasi Hosting Murah dan Terbaik Untuk Blogger Indonesia. Untuk teman-teman yang ingin mempunyai website profesional berarti harus migrasi ke website selfhosting, sudah pada tahu kan, hosting itu apa ? jika belom mengetahui sama sekali berikut penjelasan singkatnya.

Apa itu Hosting ?

Hosting atau Web Hosting adalah sebuah layanan virtual penyimpanan online yang disediakan oleh provider atau vendor yang menawarkan lokasi fisik untuk penyimpanan halaman web dan file.

Sebagai contoh Web Hosting Company sebagai jenis pemilik, mereka menyewa ruang fisik di server mereka yang menjadikan halaman web untuk di tampilkan di Internet.

Jenis Web Hosting

Secara umum jenis hosting bisa di kategorikan beberapa jenis sesuai dengan kapasitas hosting tersebut, semua jenis server hosting akan bertindak sebagai pusat penyimpanan untuk website. Mereka berbeda dalam jumlah kapasitas penyimpanan, kontrol, persyaratan pengetahuan teknis, kecepatan server, dan kehandalan. Mari kita mengenal dan melihat perbedaan utama antara Free Hosting, Shared Hosting, VPS, Dedicated, dan Cloud hosting.

Free Hosting

Free Hosting (Hosting Gratis) adalah layanan hosting gratis yang disediakan oleh beberapa penyedia hosting. Beberapa pemilik ISP (Internet Services Provider) menawarkan jasa Web Hosting secara Gratis.

Free web hosting paling cocok untuk situs kecil dengan lalu lintas (traffic) rendah, seperti situs pribadi. Hal ini tidak dianjurkan untuk lalu lintas (traffic) tinggi atau untuk bisnis yang nyata, technical support sering terbatas, dan pilihan teknis sedikit.

Sangat sering kita tidak dapat menggunakan nama domain sendiri di situs gratis. Contohnya hosting gratis milik WordPress, domain saya harus menggunakan nama mereka yaitu http://www.kabarpandeglang.wordpress.com, sehingga nama domain menjadi panjang dan susah diingat oleh sebagaian orang.

Shared Hosting

Shared Hosting adalah istilah yang digunakan untuk layanan web hosting di mana beberapa situs berbagi sumber daya dari web server yang besar. Banyak WordPress web hosting penyedia menawarkan shared hosting dengan harga yang sangat terjangkau berkisar dari Rp. 5000 per bulan dan juga Rp. 50.000 per bulan.

Shared web hosting adalah jenis pilihan yang termurah dan paling terjangkau dari web hosting lainnya. Dalam shared hosting, situs web seseorang ditempatkan pada server yang sama dengan situs lainnya, mulai dari beberapa ratusan atau bahkan ribuan. Biasanya, semua domain dapat berbagi dalam satu server dengan sumber daya server digunakan bersamaan, seperti RAM dan CPU.

Karena biaya rendah, shared web hosting dianggap ideal untuk usaha kecil, blog, dan situs web portofolio. Kebanyakan pemula tidak perlu sesuatu yang lebih dari shared web hosting. Saya menyarankan untuk menjaga biaya tetap rendah ketika kalian ingin memulai untuk bisnis online dan tidak perlu mengeluarkan uang untuk sumber daya yang tidak diperlukan.

Shared hosting juga diterima secara luas sebagai pilihan entry level hosting karena membutuhkan pengetahuan teknis minimal. Dan kekurangan dari shared hosting ini adalah tidak adanya akses root, kemampuan terbatas untuk menangani tingkat lalu lintas tinggi, dan performa situs dapat dipengaruhi oleh situs lain pada server yang sama.

Dedicated Hosting

Dedicated Hosting adalah server yang dipergunakan untuk menjalankan aplikasi dengan beban tinggi dan tidak bisa dioperasikan dalam Hosting Berbagi dan VPS. Server-server tersebut bisa disediakan sendiri oleh penyewa atau dipinjamkan dari pemilik lokasi pusat data kepada penyewa.

Misalnya, dalam rencana shared hosting, klien berbagi komputer dengan banyak klien lain. Dalam kasus hosting VPS plan, klien berbagi mesin tetapi bukan sumber daya dengan klien lain pada komputer yang sama.

Namun, rencana hosting khusus klien yang sewa seluruh server dengan semua sumber dayanya. Perusahaan web hosting menawarkan paket yang berbeda untuk Dedicated hosting. Harga rencana didasarkan pada pilihan klien pada hardware dan alokasi sumber daya.

Dedicated hosting yang ideal untuk organisasi besar atau situs dengan lalu lintas yang sangat besar. Klien mendapatkan kontrol penuh dari server yang memungkinkan mereka untuk mengkonfigurasinya untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri.

Dedicated Hosting Plan juga datang dalam bentuk dikelola dan unmanaged mana pusat hosting dapat mengelola server untuk klien dalam kasus masalah.

Dedicated server Managed umumnya lebih mahal. Harga ini juga dipengaruhi oleh jumlah sumber daya yang dibutuhkan seperti bandwidth, ruang penyimpanan, dan jumlah RAM, antara lain. Biaya tambahan untuk dedicated server juga mencakup paket perangkat lunak yang dibutuhkan untuk menjalankan server.

Perangkat lunak tersebut dapat mencakup lisensi untuk Windows, jika diinginkan, cPanel, jika diinginkan, dan perangkat lunak lainnya yang dibayarkan. Gratis alternatif untuk sebagian besar paket perangkat lunak berbayar tersedia tetapi umumnya tidak disukai karena masalah dengan stabilitas perangkat lunak.

Pengecualian utama untuk preferensi untuk dibayar vs perangkat lunak bebas adalah meluasnya penggunaan Linux lebih Microsoft atau OS berbayar lainnya pada server.

VPS Hosting

VPS hosting adalah singkatan untuk Virtual Private Server hosting. Virtual Private Server hosting menawarkan mesin virtual untuk klien. Konsep virtualisasi mirip dengan shared hosting di mana satu komputer server dapat memiliki beberapa situs yang berjalan di atasnya.

Namun, teknologi virtualisasi memungkinkan setiap account harus diperlakukan sebagai mesin sendiri dengan sumber daya sendiri yang berdedikasi dan sistem operasi.

Virtual Private Server (VPS) hosting membagi server ke server virtual, di mana setiap website adalah seperti host di dedicated server mereka sendiri, tetapi mereka benar-benar berbagi server dengan beberapa pengguna lain yang berbeda.

Para pengguna dapat memiliki akses root untuk ruang virtual mereka sendiri dan lingkungan hosting dijamin lebih baik dengan jenis hosting lain. VPS adalah pilihan dari jenis web hosting yang membutuhkan kontrol yang lebih besar di tingkat server yang bisa Anda gunakan jika Anda tidak ingin menggunakan pilihan dedicated server.

Kekurangan dari VPS adalah kemampuan untuk menangani tingkat lalu lintas tinggi terbatas, kinerja situs Anda masih bisa agak terpengaruh oleh situs lain di server.

Cloud Hosting

Cloud Hosting adalah jenis hosting teknologi terbaru yang mungkin belum dapat Anda temui pada semua penyedia layanan web hosting.

Cloud hosting adalah jenis hosting yang menggunakan teknologi konsep komputasi awan yang mempunyai kecepatan yang lebih baik dan terkenal lebih aman karena tidak hanya mengandalkan satu server saja melainkan menggunakan banyak server yang tersebar diberbagai titik dan berbagai negara.

Hal inilah yang menjadikan cloud hosting terbukti lebih aman karena jika satu server tidak bekerja maka server lain akan menggantikan.

Cloud hosting menawarkan kemampuan terbatas untuk menangani lalu lintas atau traffic tinggi. Berikut adalah cara kerjanya: Sebuah tim dari server (disebut cloud atau awan) bekerja sama untuk menjadi host dari sekelompok website.

Sedangkan kekurangan dari Cloud hosting adalah banyaknya pengaturan cloud hosting tidak menawarkan akses root (diperlukan untuk mengubah pengaturan server dan menginstal beberapa perangkat lunak), dan cloud hosting ditawarkan dengan biaya yang lebih tinggi.

Memang cloud hosting memiliki harga yang lebih mahal dibanding paket shared hosting, dan biaya yang dikenakan ada yang tergantung pada seberapa sumber daya yang Anda gunakan, namun ini akan cocok bagi situs yang berkembang setiap waktu dan menggunakan cloud hosting akan mudah saat membutuhkan sumber daya yang lebih besar.

Demikian artikel yang bisa penulis sampaikan mengenai webhosting dan jenis-jenisnya, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembaca dan khususnya bagi penulis.

Berita Lainnya



1 komentar

Jual Backlink Premium untuk Mengoptimalkan Website Halaman Pertama Google

Kamis, 25 Jan 2018

[…] memiliki root domain yang telah ber DA dan PA tinggi. Sehingga, backlink yang nanti dihasilkan dari web ini adalah backlink yang […]

Balas

Tinggalkan Komentar

Profile

SEO Specialist

Ingin punya website Profesional atau Punya masalah SEO dengan website Anda? Kami siap membantu Anda, Silahkan hubungi kami untuk konsultasi. Gratis..!!!


Kontak WA Jasa SEO
error: Content is protected !!